Home » , » Kuasai Spanyol, Cathedral Cordoba Hapus Kata Masjid Dari Bangunan Peninggalan Sejarah Islam

Kuasai Spanyol, Cathedral Cordoba Hapus Kata Masjid Dari Bangunan Peninggalan Sejarah Islam

Written By Ikatan Pelajar Mahasiswa Sultan Daulat on Wednesday, December 17, 2014 | Wednesday, December 17, 2014

Pemerintah Andalusia (Spanyol selatan) memprotes kebijakan Keuskupan Cordoba yang menghapus kata Masjid dari “Masjid Cathedral Cordoba,” yang merupakan peninggalan bersejarah umat Islam yang dibangun pada abad ke 8.

masjid cordoba
 
Masjid Cordoba dibangun oleh umat Islam pada abad ke 8 dan merupakan salah satu landmark Cordoba terbesar yang menjadi sumber keilmuan dan budaya di masa itu.

Akan tetapi ketika kaum Kristiani kembali menguasai Cordoba pada abad ke 13, mereka mendirikan Katedral di tengah Masjid yang hingga kini menjadi perdebatan mengenai nama tempat tersebut.

Selain menghapus kata Masjid dari situs Cathedral, pihak keuskupan juga menghapusnya dari tiket masuk dan selebaran promosi.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata di Provinsi Andalusia, Rafael Rodriguez, mengatakan “mencoba untuk menyembunyikan fakta bahwa bangunan tersebut adalah masjid, ini tidak masuk akal. Ini seperti mengganti nama Istana Al hambra dengan Palace of Charles V,” seperti dilansir surat kabar Spanyol El Pais.

Menurutnya Keuskupan Cordoba lebih mengutamakan keyakinan agama daripada pada akal sehat dan sejarah bangunan, dan menyebutnya sebagai “fundamentalisme.” (Rassd/Ram)

Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

Berikan Komentar Anda, Karena Komentar Anda Sangat Kami Harapkan