Bulan Ramadhan yang di tunggu-tunggu sebentar lagi menjelang. Banyak
aktivitas yang biasanya tidak atau jarang dilakukan pada bulan-bulan
lain, pada bulan Ramadhan ini dilakukan. Hal ini temasuk mempersiapkan
hari raya Idul Fitri.
Berubahnya pola hidup selama bulan Ramadhan
dan Idul Fitri, membuka kesempatan bagi pebisnis untuk menangkap peluang
yang akan datang di depan mata ini. Peluang yang ada di bulan Ramadhan
yang penuh rahmat ini bukan hanya untuk bisnis musiman tetapi juga untuk
bisnis berkelanjutan. Peluang usaha pada bulan Ramadhan ini atau
memanfaatkan puasa, terbuka untuk siapa saja. Yang tepenting bahwa
pebisnis ataupun pedagang telah sejak awal menyasar target market
tertentu dengan memilih produk yang tepat, lokasi yang baik, dan
memberikan kebutuhan masyarakat selama bulan puasa. Jadi produk haruslah
sesuatu yang dicari oleh masyarakat dan bukan berfokus pada apa yang
diinginkan dan dipikirkan oleh pedagangnya atau kemampuan melihat pasar.
Sedangkan
bagi bisnis yang tidak hanya menyediakan kebutuhan selama puasa dan
lebaran, momen bulan Ramadhan ini bisa dugunakan untuk ajang promosi
besar-besaran sehingga ketika bulan puasa ini selesai, produk anda telah
sangat dikenal masyarakat dan ketika gaya hidup kembali normal, anda
telah dapat menuai hasil yang maksimal.
Bila bingung harus memulai dari mana atau bingung memilih produk untuk dijual pada bulan Ramadhan, maka anda bisa memulai dengan sesuatu hal yang mudah bagi anda untuk melakukannya. Atau memulai dengan bisnis yang anda senang melakukannya. Kemudian pilihlah bisnis yang bisa anda lakukan dengan mudah, misalnya bila anda senang memasak maka membuka warung makanan atau kue kering akan lebih mudah untuk anda jalankan. Dan bila anda hanya menempatkan bisnis dengan momen bulan puasa ini sebagai bisnis musiman, maka anda perlu secara cerdas membidik target pasar dan memilih produk yang sesuai dengan gaya hidup selama bulan puasa dan Idul fitri tersebut.
Bila bingung harus memulai dari mana atau bingung memilih produk untuk dijual pada bulan Ramadhan, maka anda bisa memulai dengan sesuatu hal yang mudah bagi anda untuk melakukannya. Atau memulai dengan bisnis yang anda senang melakukannya. Kemudian pilihlah bisnis yang bisa anda lakukan dengan mudah, misalnya bila anda senang memasak maka membuka warung makanan atau kue kering akan lebih mudah untuk anda jalankan. Dan bila anda hanya menempatkan bisnis dengan momen bulan puasa ini sebagai bisnis musiman, maka anda perlu secara cerdas membidik target pasar dan memilih produk yang sesuai dengan gaya hidup selama bulan puasa dan Idul fitri tersebut.
Sementara untuk segmen pasar selama bulan
Ramadhan ini dapat dibagi sesuai dengan aktifitas yang dilakukan oleh
masyarakat selama bulan puasa dan hari Idul Fitri.
Sahur dan Buka Puasa
Harus di bidik dengan jeli target market pada segmen ini sebelum menjajakan produk atau barang anda. Makanan basah merupakan produk andalan untuk buka puasa maupun sahur. Bila ingin memilih segmen pasar dengan momen sahur, pastikan anda mempunyai market yang jelas, sebagai contoh katering sahur untuk anak kost atau mahasiswa. Begitu pula moment buka puasa, target market yang bisa disasar adalah pekerja kantor, ataupun keluarga yang senang untuk berbuka puasa diluar rumah.
Harus di bidik dengan jeli target market pada segmen ini sebelum menjajakan produk atau barang anda. Makanan basah merupakan produk andalan untuk buka puasa maupun sahur. Bila ingin memilih segmen pasar dengan momen sahur, pastikan anda mempunyai market yang jelas, sebagai contoh katering sahur untuk anak kost atau mahasiswa. Begitu pula moment buka puasa, target market yang bisa disasar adalah pekerja kantor, ataupun keluarga yang senang untuk berbuka puasa diluar rumah.
Produk
lain yang bisa di ambil adalah jajanan sebagai makanan pembuka puasa.
Produk seperti kolak, es kelapa muda, kurma, gorengan, kue basah, kue
kering, sop buah dan lainnya marak di jual di sepanjang jalan atau
disudut-sudut perumahan. Juga ketika mendekati hari raya Idul Fitri.
Kebanyakan keluarga muda dan pekerja lebih memilih untuk membeli ketupat
yang sudah jadi ketimbang membuatnya sediri.
Aktifitas Ibadah Pada Bulan Ramadhan
Pada
bulan Ramadhan ini, umat muslim berusaha memanfaatkan karunia besar
yang diberikan dalam beribadah sebanyak-banyaknya. Karena itu peralatan
ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, tasbih, Al Quran, buku keagamaan
atau CD/VCD Islami banyak dicari.
Bagi yang bergerak di segmen
ini, bulan Ramadhan adalah kesempatan besar untuk mengembangkan bisnis
dan meraih untung besar. Bagi yang baru memulai, momen bulan Ramadhan
ini dapat dijadikan waktu berpromosi yang tepat untuk menarik konsumen.
Bulan Ramadhan terlebih lagi hari raya Idul Fitri sangatlah identik
dengan berbagai acara pertemuan untuk bersilaturahmi. Seringnya diadakan
buka puasa bersama atau saling bertukar bingkisan selama bulan Ramadhan
menjadikan hal ini sebagai gaya hidup yang muncul setahun sekali selama
bulan puasa. Salah satunya adalah bersilahturahmi pada saat Idul Fitri
atau lebaran.
Busana terutama busana muslim, sepatu, aksesoris,
tas dan pernik pribadi lainnya banyak diburu selama bulan puasa untuk
persiapan hari raya Idul fitri. Juga hantaran seperti cake, kue kering,
parsel beserta kartu lebaran menjadi produk yang banyak dicari menjelang
hari raya Idul Fitri. Jasa kurir pengantar juga dapat menjadi peluang
usaha yang mengiurkan untuk dilakoni sepanjang bulan Ramadhan dan
menjelang hari raya Idul Fitri.
Mudik Lebaran dan Pulang Kampung
Kebiasaan bertemu keluarga dikampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama menjadikan tradisi ini sebagai peluang bisnis. Jasa sewa kendaraan atau jual beli kendaraan adalah hal yang paling terlihat aktivitasnya. Setelah itu tentunya travel dan tiket tansportasi mudik atau pulang kampung.
Kebiasaan bertemu keluarga dikampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama menjadikan tradisi ini sebagai peluang bisnis. Jasa sewa kendaraan atau jual beli kendaraan adalah hal yang paling terlihat aktivitasnya. Setelah itu tentunya travel dan tiket tansportasi mudik atau pulang kampung.
Hal lain adalah laundry cucian kiloaan,
penyalur pembantu (PRT) lebaran atau cleaning service rumah atau
apartemen bisa menjadi bisnis selama hari lebaran. Katering lebaran juga
meningkat permintaannya, biasanya untuk suplai hari H-1 atau hari
Lebaran karena banyak keluarga sudah tidak sempat lagi untuk memasak.
Yang
perlu anda perhatikan adalah bahwa lonjakan tren hanyalah sementara,
akan berubah bila bulan Ramadhan dan Idul Fitri selesai. Karena itu
stock produk haruslah diperhitungkan dengan matang, jangan terlalu
sedikit tetapi jangan pula berlebihan sehingga tidak habis ketika bulan
Ramadhan dan Idul Fitri berakhir. Pilihlah bisnis yang dapat dengan
langsung memberi turn over yang baik atau bisnis yang langsung balik
modal serta memberi keuntungan besar. Perlu diingat bahwa akan banyak
pesaing yang menjalankan bisnis serupa.
Analisa Marketing dan Branding Bisnis Ramadhan
Untuk
itu perlu persiapan yang matang dalam memulai bisnis dengan momen bulan
puasa dan Idul Fitri ini. Langkah awal tentunya dengan menentukan jenis
usaha yang ingin anda jalankan. Hal yang penting setelah itu adalah
mencari suplier yang bisa memberi harga yang murah atau kompetitif.
Tetapi anda harus tetap memperhatikan kualitas dari barang yang akan
diperdagangkan agar tidak menimbulkan kekecewaan pada pembeli atau
konsumen anda.
Kemudian hitunglah berapa biaya investasi yang
perlu anda sediakan termasuk biaya marketing dan branding. Beranjak
dari itu, hitung pula harga yang dapat memberi keuntungan untuk bisnis
anda tetapi juga harga jual tersebut sesuai dengan target market yang
disasar. Buatlah rencana keuangan sederhana untuk menggambarkan
kemungkinan keuntungan dibanding dengan modal yang dikeluarkan.
Lakukan
promosi. Hal ini penting agar konsumen anda mengetahui keberadaan anda
serta produk anda. Siapkan materi promosi produk. Awali dengan pembuatan
logo untuk produk atau usaha anda. Logo berperan penting karena logo
adalah iklan besar di media yang kecil. Dengan mempunyai logo anda akan
memperlihatkan kualitas serta bonafisitas usaha anda. Dengan logo pula
usaha atau produk anda bisa dibedakan dan mudah diingat oleh konsumen
anda. Ingat banyak sekali usaha rumahan yang menjadi perusahaan besar
karena melakukan program marketing dan branding yang benar.
Bila
anda mempunyai toko atau lokasi untuk memulai usaha anda, jangan lupa
membuat banner atau sign board agar konsumen anda dapat mengenali lokasi
anda dengan mudah. Bila usaha anda berada didunia maya, maka siapkanlah
website dengan desain yang profesional dan logo yang menawan sehingga
pengunjung website anda nyaman untuk mencari dan mempelajari produk yang
anda tawarkan. Bila anda mempunyai budget promosi lebih, maka anda
dapat membuat leaflet untuk mempromosikan bisnis atau produk yang anda
tawarkan. Menyebarkan brosur atau leaflet di tempat berkumpulnya target
market potensial dapat menjadi alternatif dalam melakukan promosi.
Jangan lupa menaruh logo pada website, leaflet atau materi promosi
lainnya. Selain logo, anda juga wajib mempunyai headline atau slogan
dan tagline menarik yang menggambarkan produk atau usaha yang
ditawarkan. Tagline tersebut haruslah “menjual” agar bisa menarik
perhatian konsumen.
Setelah rencana pemilihan sarana promosi sudah
anda pertimbangkan, setelah itu siapkanlah paket-paket promosi yang
menarik bagi konsumen atau calon konsumen anda. Setelah itu kumpulkanlah
database siapa kiranya yang dapat menjadi pembeli potensial, seperti
teman, saudara, rekan bisnis, penduduk disuatu wilayah atau orang
disekitar tempat tinggal anda. Cara berpromosi sebaiknya disesuaikan
dengan pembeli potensial anda. Pasar yang menarik untuk di cermati
adalah bazar atau pameran yang sering diadakan selama bulan Ramadhan
ini. Kumpulkanlah informasi mengenai bazar atau pameran yang akan
diadakan selama bulan puasa dan daftarkan diri bila acara tersebut
sesuai dengan target market anda dan biayanya sesuai dengan dana promosi
anda.
Anda juga dapat bekerja sama dengan rekan pengusaha yang
menargetkan pasar yang sama dengan anda. Sehingga anda bisa melakukan
promosi bersama, seperti bila pembeli membeli produk/barang anda maka
pembeli akan mendapatkan potongan harga untuk membeli barang/produk
rekanan anda, atau sebaliknya. Jejaring sosial di dunia maya seperti
facebook dan friendster merupakan pilihan dalam mempromosikan bisnis
atau produk anda.
Peluang bisnis di bualan puasa ini terbuka lebar untuk siapa saja yang mau menekuninya.